Sejarah Singkat RSUD HAMS

Berdasarkan struktur pemerintahan masa lalu (15 Maret 1945) bahwa ibukota Kabupaten Asahan berada di Tanjung Balai dan Kisaran merupakan salah satu Kecamatan yang berada didaerah Kabupaten Asahan.

Pada saat itu Rumah Sakit Umum Pemerintah hanya ada 2 (dua) unit yaitu berada di Tanjung Balai dan Labuhan Ruku.

Sesuai dengan Surat Keputusan DPRD-GR Tingkat II Asahan Nomor : 3/DPRD/GR/1963 tanggal 16 Februari 1963 diusulkan perpindahan ibukota Kabupaten Asahan dari Tanjung Balai ke Kisaran, dan baru terealisasi tanggal 20 Mei 1968, yang diperkuat dengan Nomor 19 Tahun 1980, Lembaga Negara Tahun 1980 Nor 28, Tambahan Negara Tahun 1980 Nomor 28, Tambahan Negara Nomor 3166.

Maka dengan demikian mulai saat itu terjadilah perpindahan Pusat Pemerintah Kepala Daerah beserta seluruh Dinas/Jawatan ke Kisaran yang Pada saat itu Bupati Kepala Daerah dijabat oleh H. Abdul Manan Simatupang.

Pada tahun 1968 / 1969 oleh Bupati Kepala Daerah dibangun sebuah Rumah Sakit yang berada diatas areal tanah seluas 3,82 Ha, dengan tahap awal dibangun gedung induk yang berfungsi untuk pelayanan pasien rawat jalan dan P3K beserta 2 (dua) unit bangunan rawat inap pasien umum untuk laki-laki dan perempuan.

Pembangunan RSU Kisaran tersebut adalah hasil jerih payah masyarakat Kabupaten Asahan pada waktu itu, melalui pengumpulan botol-botol bekas lainnya kemudian dijual dan dari hasil penjualan tersebut dikumpulkan sedikit demi sedikit yang akhirnya usaha tersebut dapat terwujud membangun sebuah Rumah Sakit yang sangat didambakan oleh masyarakat atas prakarsa dan inisiatif Bupati Asahan yang saat itu dijabat oleh Bapak H. Abdul Manan Simatupang.

Atas jasa dan prakarsa Bapak H. Abdul Manan Simatupang tersebut, Melalui Perda Nomor 8 Tahun 2005 Pemerintah Kabupaten Asahan menambalkan nama Rumah Sakit Umum Kisaran Menjadi " Rumah Sakit Umum Daerah HAJI ABDUL MANAN SIMATUPANG Kisaran "

Kini RSUD H. Abdul Manan Simatupang ( RSUD-HAMS ) Kisaran terus berbenah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena saat ini RSUD-HAMS selain merupakan intitusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Asahan juga menjadi pusat Rujukan dari Kabupaten jiran seperti Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara, Kota Madya Tanjung Balai, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batu Bara.

Dengan potensi yang cukup besar tersebut Bupati/Wakil Bupati Kepala Daerah terpilih Periode 2010-2015 ( Bapak Drs. H. Taufan Gama Simatupang,M,AP dan Bapak H. Surya Bsc ) melalui salah satu programnya adalah akan meningkatkan RSUD H. ABDUL MANAN SIMATUPANG menjadi Rumah Sakit Modern, sehingga dengan peningkatan tersebut RSUD-HAMS akan menjadi Rumah Sakit yang lengkap sarana/prasarana,lengkap sumber daya manusia dan diharapkan akan dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas, cepat, tepat, profesional dan memuaskan dan merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Asahan.